Kamis, 27 Juni 2013

Insiden Handling



Insiden handling (penangan insiden) adalah cara penangan keamanan dari insiden atau pelanggaran yang terjadi. Insiden merupakan bagian kehidupan yang terjadi baik secara sengaja maupun tidak sengaja, insiden juga bagian dari kehidupan elektronik yang sering terjadi di waktu yang kurang “pas”.
Insiden handling terjadi ketika waktu kita mencolok flash disk dari komputer teman ke komputer kita dengan tujuan untuk mencopy file yangdibutuhkan akan tetapi kita tidak mengetahui bahwa flashdisk kita sudah terjangkit virus dan memasuki komputer kita sehingga insiden ini disebut insiden tidak disengaja, sedangkan insiden sengaja terjadi ketika kita sudah mengetahui bahwa program gratis maupun bajakan memiliki potensi adanya virus tetapi kita tetap mendownloadnya sehingga komputer kita terjangkit virus, ini yang disebut insiden sengaja.
Contoh-contoh kejadian insiden, yaitu :
·         Wabah virus yang memasuki komputer kita.
·         Spammail,bombmail merupakan serangan yang paling sering terjadi di email yang dikirimkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.
·         DoS Attack merupakan serang yang melumpuhkan atau mendownkan sistem komputer sehingga tidak dapat diakses karena terkena DoS attack.
·         Previloge attack, rootkit, intrusion adalah Sebuah sistem yang dapat menyusup masuk kedalam komputer seseorang dan dapat mengambil alih komputer tersebut untuk memantau apa yang dikerjakan oleh pengguna yang sebenarnya.
·         Unauthorized Access adalah terjadinya penyusutan pada komputer kita tanpa sepengetahuan kita dan tanpa seizin kita.
·         Kemungkinan skenario lainnya berada di masa yang akan datang atau di masa depan.
Tujuan dari insiden handling yaitu:
·         Memastikan  apakah insiden terjadi atau tidak terjadi .
·         Melakukan Pengumpulan informasi yang sangat akurat.
·         Melakukan pengambilan dan penanganan bukti-bukti yang dapat memperkuat insiden yang terjadi.
·         Menjaga kegiatan agar berada dalam kerangka hukum.
·         Meminimalkan gangguan terhadap operasi bisnis dan jaringan yang terjadi pada sebuah operasi sistem.
·         Membuat laporan yang akurat beserta rekomendasi laporannya.
Adapun cara penanggulangan insiden dengan metode berikut:
·         Pre-incident preparation
Persiapan yang dilakukan sebelum insiden terjadi, misalnya membuat kebijakan aturan.
·         Detection of incidents
Pendeteksian insiden yang terjadi dan apa penyebab kejadian insiden tersebut.
·         Initial response
melakukan penanganan awal  supaya bukti tidak hilang.
·         Response strategy formulation
mengatur strategi yang akan dilakukan untuk menanggulangi inisiden yang terjadi.
·         Duplication (forensic backups)
mengamankan jalur penyebab insiden, ada 2 teknik pengamanan yang digunakan yaitu sebelum komputer dimatikan dan apabila telah ditutup tidak dinyalakan dulu.
·         Investigation
Mencari bukti-bukti yang masih ada dari hasil backup forensik.
·         Security measure implementation
Menerapkan tindakan pengamanan dan tingkat keamanan.
·         Network monitoring
Menelusuri dan memantau jalur insiden.
·         Recovery
melakukan pemulihan data berdasarkan backup yang ada.
·         Follow-up
melakukan pemeliharaan secara berkala dan penjagaan yang ketat agar tidak terjadi insiden lagi
Permasalahan pada saat melakukan Incident Handling : 
  • Secara Teknis
    • Apa-apa saja yang harus dilaporkan, apakah adanya informasi yang confidential ( nomor IP, userid, password, data, files ) dan terlalu banyaknya atau sedikitnya data yang dilaporkan
    • Data-data log sering tidak tersedia sehingga menyulitkan incident handling
  • Secara Non-teknis
    • Kepada siapa kita harus melapor jika terjadi insiden
    • Hubungan dengan policy & procedures, SOP yang seringkali tidak dimiliki oleh institusi
    • Ketersediaan SDM
    • Melaporkan kepada organisasi yang menangani insiden handling seperti ID-CERT, CERT, APSIRC, dan lain-lain.

Referensi
·  http://br.paume.itb.ac.id/courses/ec5010/incident-handling.ppt‎    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar